Tuesday, 9 June 2020

Profil Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) – Banda Aceh


Gambaran Umum Program Studi S1 Matematika

Program Studi (Prodi) Matematika merupakan salah satu Prodi tertua di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang berdiri sejak tahun 1989 dan satu-satunya Program Studi S1 Matematika di Sumatera yang telah berakreditasi A selama tiga periode berturut-turut sejak tahun 2006. Prodi ini merupakan cikal bakal lahirnya Prodi S1 Informatika, Prodi S1 Statistika, Prodi D3 Manajemen Informatika, dan Prodi Magister Matematika beberapa tahun kemudian.

Seluruh mata kuliah di Prodi ini diarahkan untuk memahamkan konsep matematika serta aplikasinya dalam berbagai bidang dalam kehidupan. Para dosen Prodi ini merupakan lulusan S3 dan S2 dari perguruan tinggi di berbagai negara, di antaranya Amerika, Australia, Jepang, Belanda, Taiwan, Malaysia, dan Indonesia.

Para lulusan Prodi ini dipersiapkan untuk mampu bekerja di berbagai bidang yang membutuhkan kemampuan analisis dan berfikir logis. Kemampuan analisis dan cara berfikir logis yang telah dilatih selama masa studi tersebut memungkinkan para lulusan Prodi S1 Matematika untuk berkiprah di hampir semua bidang, bahkan di bidang yang tidak terhubung langsung dengan matematika. Oleh karena itu, lulusan Prodi ini telah bekerja di berbagai bidang di seluruh Indonesia, antara lain di bidang keuangan, perbankan, perpajakan, perindustrian, dan pendidikan, baik di Indonesia maupun di beberapa negara lainnya. Menurut data sementara, para alumni Prodi ini telah bekerja sebagai akademisi (dosen atau guru) di berbagai perguruan tinggi dan sekolah menengah di Indonesia dan di luar negeri, birokrat di pemerintahan (PNS), pegawai BUMN, pegawai perbankan dan asuransi, pekerja industri, anggota TNI, dan pewirausaha.

Berikut ini beberapa tautan penting mengenai jurusan ini:

Mata kuliah
Direktori tenaga pengajar (dosen)
Grup riset
Alumni

#BERITA