Saturday, 11 September 2021

Pandemi Belum Kunjung Usai, Prodi Matematika FMIPA USK Kembali Selenggarakan PAKARMARU 2021 Secara Daring.


Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (PAKARMARU) merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Universitas Syiah Kuala. Selama pandemi, ini kedua kali nya PAKARMARU diadakan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting yang mana dilaksanakan dalam tiga tahap, yakni PAKARMARU Universitas, PAKARMARU Fakultas dan PAKARMARU Jurusan.

PAKARMARU Jurusan Matematika diikuti oleh seluruh mahasiswa baru 2021 yang telah diterima di Prodi S1 Matematika, serta dihadiri langsung oleh Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Dosen, dan juga Ormawa Jurusan, Jumat (13/8/2021).

“PAKARMARU bertujuan untuk memperkenalkan Jurusan Matematika kepada mahasiswa baru 2021 yang mana sebelumnya belum mereka ketahui. Perkenalan ini mencakup dosen, alumni serta sistem akademik yang ada pada Prodi S1 Matematika” tutur Eri Erdian selaku ketua pelaksana PAKARMARU 2021.

Dalam pemaparan profil jurusan yang dibawakan langsung oleh Ketua Jurusan Matematika FMIPA USK, Nurmaulidar,M.Sc, beliau menyampaikan pengenalan prodi S1 Matematika kepada mahasiswa baru. Beliau juga turut memperkenalkan para dosen yang mengajar di prodi tersebut serta memaparkan prestasi – prestasi yang diraih oleh mahasiswa Prodi S1 Matematika baik dikhalayak Nasional maupun Internasional.

Selain itu, Sekretaris Jurusan, Dr. Rini Oktavia,M.Si.,MA. turut memaparkan sistem dan juga proses belajar mengajar di Prodi S1 Matematika, mulai dari jalur akademik non MBKM dan MBKM yang dapat diambil dan ditempuh mahasiswa matematika selama masa studi nya. Beliau juga kerap menyampaikan motivasi kepada mahasiswa baru agar tetap bersemangat untuk belajar meski masih dalam keadaan pandemi.

Tidak hanya sistem pembelajaran, kegiatan ini kerap memperkenalkan ormawa yang ada di Prodi S1 Matematika yaitu Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) yang langsung dipaparkan oleh ketua HIMATIKA, M.Faishal Majid R.A.

Alumni pun turut hadir dalam menyampaikan kiat – kiat kesuksesan dalam menimba ilmu Matematika di FMIPA USK. Salah satunya M.Reza Subakti,S.Mat. menurutnya mahasiswa Matematika sudah sepantasnya bersyukur bisa mendapatkan kesempatan menimba ilmu di Jurusan Matematika FMIPA USK. Karena teman – teman mahasiswa semua mendapatkan banyak sekali fasilitas, mulai dari laboratorium yang beragam, komputer, jurnal – jurnal, gedung yang bagus serta ruang belajar yang Full AC. Tidak hanya itu teman – teman mahasiswa juga dapat menggali ilmu dari para dosen yang profesional dengan segala metode belajar yang menarik. Menurutnya memang sudah selayaknya Jurusan Matematika ini dianugerahkan AKREDITASI A.

Sesi ini juga dilanjutkan dengan pemutaran video pengalaman Nurul Wahyuni yang saat ini berada di Amerika Serikat untuk menyelesaikan studi S3 nya dibidang Matematika. Ia menyarankan kepada mahasiswa agar serius dalam belajar dan berusaha untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris selaku bahasa Internasional.
Acara ini ditutup dengan pembacaan doa serta sesi foto bersama.

#BERITA