Monday, 15 August 2022

“MRG Fraction Hunt”, Game Edukasi Berbasis Android Karya Mahasiswa Matematika USK


BANDA ACEH – Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Syiah Kuala (USK) menciptakan game Android bernama “MRG Fraction Hunt”.

Game yang dikembangkan sebagai karya tugas akhir Williams Chiari mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) merupakan kombinasi dari game maze (labirin) dan konsep operasi hitung pecahan. Pemilihan tema pecahan dan labirin pada tugas akhir tersebut terinspirasi oleh penelitian-penelitian mahasiswa Matematika FMIPA USK sebelumnya, yaitu game pecahan dan media pembelajaran generator non-perfect maze yang banyak melibatkan konsep Teori Graf dalam kajian matematika. Kombinasi dari kedua tema tersebut menjadi salah satu faktor lahirnya tugas akhir ini, dimana game dikembangkan dengan menggunakan labirin (non-perfect maze) sebagai arena permainan dan konsep operasi hitung pecahan sebagai gameplay utama dalam permainan. Menarik untuk diketahui bahwa penelitian ini serta kedua penelitian sebelumnya berada di bawah grup riset Multimedia Research Group (MRG).

Game MRG Fraction Hunt dirancang sebagai platform bagi siswa untuk mempelajari konsep operasi hitung pecahan dengan cara yang lebih menarik, dimana pemain harus menjelajahi arena labirin untuk menemukan objek pecahan sambil menemukan pintu keluar. Pemilihan siswa Sekolah Dasar (SD) sebagai sasaran utama pengembangan game ini diharapkan dapat menambah platform baru yang unik dalam mempelajari pecahan dan operasi hitung pecahan. Jika sebelumnya siswa hanya belajar dari buku pelajaran saja, kali ini siswa juga dapat belajar bahkan sambil bermain. Tentu, game ini juga dapat dimainkan oleh semua pemain, tidak hanya siswa SD saja,” jelas Williams.

Pembuatan game ini memakan waktu yang tidak singkat. Pasalnya, ide dan konsep game MRG Fraction Hunt dilahirkan oleh masukan dan saran dari dosen pembimbing yang kemudian dikembangkan selama beberapa bulan. “Benar, ide dan konsep game berasal dari masukan Pak Mahyus Ihsan, S.Si., M.Si. sebagai dosen pembimbing I saya. Proses pengembangan game sendiri memakan waktu sekitar 3 bulan termasuk debugging. Selain mengembangkan game sebagai hasil dari tugas akhir, penulisan skripsi juga di sela-sela waktu dengan dosen pembimbing II saya, Prof. Dr. Marwan, S.Si., M.Si. memberikan saran dan masukan,” ujarnya.

Cara memainkan game ini tergolong sederhana, khususnya bagi siswa Sekolah Dasar yang secara umum sudah terbiasa atau pernah bermain game Android. Pemain hanya cukup mengumpulkan objek-objek pecahan dan operasi hitung yang tersebar di labirin, kemudian menyusun kumpulan objek tersebut sesuai dengan target nilai setiap level.

“Tentu kita ingin tetap menjaga unsur fun di dalam game di samping mengedukasi pemain. Ada item yang dapat menambah waktu permainan, menunjukkan arah menuju pintu keluar labirin, serta ada pula fitur kompas yang dapat digunakan apabila pemain tersesat dan tidak mengetahui posisi pemain,” lanjut Williams.

Game MRG Fraction Hunt sudah dapat diunduh di Google Play Store untuk Android sejak pertengahan Juli 2022. Perilisan video YouTube mengenai game tersebut juga sudah dirilis dan dapat diakses pada laman aplikasi game di Play Store. Hak cipta MRG Fraction Hunt ini juga telah terdaftar sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Penyelesaian game MRG Fraction Hunt juga tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, khususnya Multimedia Research Group (MRG), grup riset dari Jurusan Matematika yang berfokus pada pengembangan serious game dan media pembelajaran matematika.

“Pengalaman yang saya peroleh sejak bergabung pada semester tiga merupakan faktor utama adanya karya tugas akhir ini. Dukungan yang diperoleh dari Bapak Mahyus Ihsan, S.Si., M.Si. sebagai ketua grup serta teman-teman seperjuangan berperan sebagai support system dan tempat belajar yang sangat baik bagi mahasiswa Matematika yang meminati bidang Matematika Komputasi,”

Adanya pengembangan game MRG Fraction Hunt diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa Jurusan Matematika USK di masa yang akan datang untuk tetap beinovasi dan memanfaatkan segala ide-ide kreatif dalam menyelesaikan tugas akhir.

Unduh Game MRG Fraction Hunt pada Google Play Store untuk Android: MRG Fraction Hunt

Biodata Mahasiswa
Nama : Williams Chiari
Tempat, Tanggal Lahir : Banda Aceh, 16 Februari 2001
Angkatan : 2018
IPK : 3.81
e-mail : williamschiari@gmail.com

Aktivitas Perkuliahan:

Prestasi:

Karya Tulis:

#BERITA