Monday, 14 February 2022

Mahasiswa Matematika yang Berhasil Menyelesaikan Studinya Selama 3 Tahun 4 Bulan (7 Semester)


Tanggal 29 Desember 2021 merupakan momen paling bersejarah bagi salah seorang mahasiswa di Jurusan Matematika yang bernama Muhammad Atha Fauzan. Dia merupakan salah satu mahasiswa dari leting 2018 yang berhasil menyelesaikan studinya selama 3 Tahun 4 Bulan, dengan IPK 3.53 predikat Pujian. Pada tanggal 10 Februari 2022 merupakan hari wisudanya dan merupakan momen yang ditunggu-tunggu olehnya.

Muhammad Atha Fauzan atau yang lebih dikenal dengan sapaan Atha merupakan mahasiswa yang mungkin tidak terlalu dikenal di kalangan orang. Namun dibalik itu semua, dia merupakan seseorang yang aktif berorganisasi dan mengikuti kegiatan di dalam kampus, memiliki berbagai prestasi, dan kegiatan-kegiatan yang ia rasa diperlukan untuk pengembangan dirinya. Atha pernah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu Pemuda Berprestasi Tahun 2020 yang diberikan oleh Dinas pendidikan dan Olahraga Provinsi Aceh, pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92.

Disamping itu, Atha juga aktif dalam kegiatan berorganisasi seperti melalui Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) dan juga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA sampai akhir masa perkuliahannya.

Atha juga tercatat sebagai salah satu mahasiswa yang mengikuti program kampus merdeka merdeka belajar melalui program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI). Dia diterima sebagai salah satu mahasiswa dari 1203 orang yang mendaftar untuk dapat belajar di Universitas Indonesia sekaligus bermitra dengan Bank Syariah Indonesia pada Mata Kuliah Sharia Strategic Banking Management dengan kuota mahasiswa yang diterima sangat terbatas. Melalui program tersebut, dia mendapatkan ilmu tidak hanya dari para dosen di Universitas Indonesia, namun juga melalui praktisi langsung karyawan Bank Syariah Indonesia terkait materi-materi yang berkaitan. Di akhir perkuliahan, Atha mendapatkan nilai yang sangat memuaskan, dengan akumulatif nilai 90 yang memiliki indeks nilai A.

Dari berbagai kegiatan yang telah Atha lalui selama ini, ia mengucapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan atas segala pencapaiannya ini. Atha juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua orang yang terkait dalam proses tersebut. Selain kepada kedua orang tuanya, salah satunya kepada para dosen dan staf Jurusan Matematika yang selalu memberikan dukungan dan kesempatan agar mahasiswanya dapat berkreasi sesuai dengan apa yang ingin diikutinya terhadap pengembangan hardskill dan softskill mahasiswanya. Atha juga mengucapkan banyak terima kasih khususnya kepada teman-temannya dari leting 2018, dukungan penuh dan kebersamaan selama 3 tahun 4 bulan yang ia rasakan sangatlah bermakna untuk dapat meraih semua ini dan menjadi dirinya saat ini.

Tidak ada yang tidak mungkin jika kita kenal diri kita sendiri. Semua kesempatan yang ada harus dimanfaatkan dan jangan pernah takut untuk mencoba dan gagal. Atha juga mengatakan bahwa, pencapaian sebagai mahasiswa yang dapat lulus di 7 semester ini bukan hanya sebagai pencapaian untuk dirinya saja, tapi pencapaian besar bagi semua mahasiswa Matematika leting 2018 untuk Jurusan Matematika FMIPA USK melalui dirinya.

Biodata:

Nama : Muhammad Atha Fauzan

Tempat, Tanggal Lahir : Banda Aceh, 28 September 2000

Nama Orang Tua : Sugiharto, S.Pd. (Ayah) dan Erni Sakdiyah (Ibu)

Leting : 2018

IPK : 3.53

Kegiatan yang pernah diikuti:

  1. Anggota Departemen Kesma – Himatika Tahun 2019
  2. Staff Departemen Kesma – BEM FMIPA USK Tahun 2020
  3. Wakil Ketua Himpunan – Himatika Tahun 2021
  4. Ketua Divisi Aspirasi Mahasiswa Departemen Kesma – BEM FMIPA USK Tahun 2021
  5. Duta Perubahan Perilaku (DPP) Satgas Covid-19 Wilayah kerja Kec. Syiah Kuala, Desa Jeulingke (November 2020)
  6. Student Helper di Bank BRI Unit Samudera untuk melakukan maintenance data nasabah (April 2020 – Juni 2020)
  7. Customer Service Internship di BSI KCP Sukaramai (Juni – Juli 2021)
  8. Asisten Laboratorium Mata Kuliah Program Linier (September – November 2021)
  9. Program KMMI berkuliah di Universitas Indonesia bermitra dengan Bank Syariah Indonesia (Agustus – November 2021)

Prestasi:

  1. Pemuda Berprestasi diberikan Tahun 2020 oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Aceh
  2. Finalis Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) Regional Aceh dan Kepulauan Riau Tahun 2020 Kategori Prakarya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  3. Juara 2 Lomba Essay Nasional Chemmical Engineering Earth Festival Tahun 2020
  4. Juara 1 Lomba Essay Nasional Unsyiah Fair ke-14 Tahun 2019
  5. Juara 1 Lomba Essay Engineering Expo, Fakultas Teknik – USK Tahun 2019
  6. Juara 2 Lomba Essay Se-Sumatera HUT Himapta, Fakultas Pertanian – USK
  7. Finalis Top 10 LMK Engineering Fair Universitas Sriwijaya Tahun 2020
  8. Juara 2 Essay Nasional PIL-MIPA XXII Tahun 2020

#BERITA